Perawatan Pasca Abu Vulkanik, Suspensi dan Kaki-Kaki Paling Rentan Dengan Debu Vulkanik

Motorplus - Kamis, 27 Februari 2014 | 19:49 WIB

Di kaki-kaki, hampir semua part bergerak. Seperti sok depan dan belakang. Komponen peredam kejut ini bekerja naik-turun dan bersentuhan langsung dengan udara luar. Makanya, sangat rentan dengan bahaya abu vulkanik.

“Walau sok dilengkapi dengan sil oli dan sil debu, tapi kemungkinan tergoresnya as sok oleh silika sangat besar. Bila motor sedang diam dan hanya terkena imbas abu vulkanik, bisa hanya dibersihkan bagian as dengan kain basah,” bilang Dedy Heryana yang mekanik dari ART 12 tim grasstrack Sumedang, Jawa Barat.

Tapi, karena debu vulkanik sangat kecil, lebih baik sok dibongkar. Pembersihannya bisa gunakan bensin agar makin maksimal. Pastikan seluruh partnya sudah bersih sebelum dipasang kembali. Cek juga kondisi sil-nya, pastikan masih layak digunakan dan berfungsi optimal.

“Untuk pencegahan bisa gunakan karet pelindung sok seperti di kendaraan grasstrack. Buat sok belakang, biasanya kendaraan baru sekarang sudah dilengkapi dengan pelindung debu, sehingga kinerjanya masih bisa terlindungi,” tutup Dedy. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.