Ganti Bushing Arm KZ200 Dari Bahan Karet, Jauh Lebih Awet, Fungsinya Sama

Motorplus - Senin, 3 Februari 2014 | 08:52 WIB

Tiap sisi pakai tiga buah laher 

Kawasaki KZ200 salah satu motor lawas yang punya banyak peminat. Ini yang membuat partnya makin langka dan sulit dicari. Enggak cuma sektor mesin, urusan ganti bushing arm belakang juga bisa disiasati untuk ganti bushing aslinya dari bahan karet. 

“Kalau bushing karetnya sudah keras atau hancur jangan khawatir, bisa diganti pakai laher yang biayanya jauh lebih murah ketimbang buat bubutan dari bahan kuningan atau polyurethane,”  jelas Eko Luriyanto dari bengkel Awiwiw Custom di Bintaro, Jakarta Selatan.

Nah, untuk proses pengerjaannya siapakan enam buah laher. Laher atau bearing yang dipakai buat arm Kawasaki KZ00 kodenya 6802, diameter luar 28 mm sedangkan diameter dalam 15 mm. “Intinya untuk diameter luar laher ukuran disesuaikan dengan pipa lubang pada pangkal lengan ayun,” lanjut Eko.

Siapkan laher dan as-nya sesuai diameter lubang arm

Kalau bagian luar, tinggal sesuaikan saja dengan as-nya atau pakai as yang lebih besar. Seperti as arm KZ200 standar pakai as 14 mm bisa diganti as 15 mm milik as roda belakang Yamaha RX-King.   

Untuk laher dipasang pada bagian kanan-kiri masing-masing 3 buah. Jangan lupa siapkan bushing besi bagian dalam pangkal arm untuk dudukan as lengan ayun. Bushing besi ini berfungsi sebagai penahan as lengan ayun.

Keuntungan pakai bushing laher, umur pakai lebih lama dan risiko arm macet karena bushing karet pecah atau mengeras bisa dihindari. “Prinsip pemasangan laher bushing arm ini sama dengan yang diaplikasi di as roda di teromol roda,” tutup Eko yang bilang tips ini bisa diaplikasi di motor lain. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular