Bagaimana Menggunakan Ban, Agar Tetap Aman Berkendara di Musim Hujan?

Motorplus - Selasa, 28 Januari 2014 | 08:08 WIB

Lewat genangan air sebaiknya kurangi kecepatan

Melaju di atas motor, artinya kita menggantungkan nyawa di atas ban yang hanya menyentuh jalan beberapa milimeter saja. Belum lagi ditambah faktor hambatan, semisal genangan air yang belakangan kerap ditemui lantaran sekarang lagi musim penghujan. Diperparah dengan adanya ceceran tanah bekas galian pipa atau kabel listrik dan aneka musuh ban lainnya.

Kondisi tersebut tentunya bisa membuat traksi ban ke aspal jadi berkurang, sehingga resiko slip sangat besar. Tetapi, hal itu bisa diminimalkan jika menggunakan ban yang tepat. Nah, seperti apa yang tepat itu?

Kalau kita perhatikan saat ini, hampir semua produsen ban mendesain karet bundar dengan berbagai pilihan kembangan dan compound alias kompon. Beberapa tipe yang dilansir, diklaim mampu membelah dan membuang air dengan baik, sehingga dapat menghindari terjadinya aquaplanning. Yaitu, kondisi dimana ketika gesekan ban dan jalan aspal berkurang karena terhalang air. Ibaratnya ban kayak ngambang di atas aspal. Tentunya, bahaya terhadap kestabilan laju motor.

Namun tentunya hal tersebut sudah dipikirkan oleh pabrikan ban. “Teknologi sekarang makin berkembang. Tiap pabrikan pasti punya desain kembangan yang mampu mengantisipasi kondisi seperti tadi,” bilang Bagus Ardian, Marcom Manager PT Surganya Motor Indonesia (SMI) yang memayungi Planet Ban.

Nah, tinggal gimana kita memahami ban model seperti apa saja yang aman untuk digunakan saat musim hujan seperti sekarang ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.