Nih Throttle Body Racing Ala BRT, Debit Udara Lebih Plong!

Motorplus - Kamis, 30 Mei 2013 | 10:50 WIB


Komponen di motor injeksi ada yang bentuknya seperti karburator. Peranti itu disebut throttle body. Kalau diterjemahkan artinya rumah katup. Fungsinya sebagai pengatur debit udara yang masuk silinder.

Katup membuka dan menutupnya diatur lewat kabel gas. Jika grip gas dipelintir akan membuat katup membuka. Lebarnya bukaan tergantung putaran grip gas itu sendiri.

Untuk harian dan balap berbeda bentuknya. Untuk motor harian cukup throttle body yang di dalamnya didukung katup model kupu-kupu. Atau biasa disebut katup butterfly.

Namun katup butterfly dirasa kurang mumpuni. ÔÇ£Meski gas dipelintit abis, lubang venturi tetap terhalangi bilah katup dan as-nya,ÔÇØ jelas Tomy Huang dari BRT-Bintang Racing Team yang sedang rajin riset injeksi.

Untuk itu perlu dirancang katup model lain. Katup yang bentuknya seperti skep karburator. Bisa membuka lubang venturi secara maksimal.


Katup model skep ini disebut model slider. Bentuknya ada beberapa macam. Ada yang macam pelat dibikin naik-turun di dalam lubang venturi.

Seperti model yang diadopsi oleh Tomy Huang. Membuat sendiri throttle body dari aluminium billet. Dikerjakan dengan mesin bubut CNC.

Sedangkan katupnya paduan dari aluminium dan bahan kuningan. Bilah katup dan bulatannya dibikin naik-turun layaknya skep karburator. Ketika dibuka penuh tidak ada bilah yang menghalangi venturi. Sehingga aliran udara jadi plong ketika kita gas pooollllll... Tanpa ada halangan.

Terakhir sudah dicoba di Honda Blade pacuan Harlan Fadillah dari Pertamina Enduro KYT BRT Racing Team. Powernya baru menyentuh 17,7 HP. Targetnya 18,5 HP sama ketika pakai karburator skep.

Katanya hrottle body model ini katanya dipakai juga di Yamaha Jupiter Z1 korekan mekanik Jepang. Sehingga bisa melawan karburator yang model skep. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.