Rem Cakram Berat, Hindari Engsel Kaliper Dari Debu dan Air!

Motorplus - Selasa, 28 Mei 2013 | 09:44 WIB


Perangkat rem di motor rawan terhadap kotoran yang disebabkan debu dan air hujan. Tak ada salahnya buat melakukan pengecekan di komponen yang cukup vital ini.

ÔÇ£Jika lalai melakukan pemeriksaan rem cakram, berbagai masalah akan muncul pada komponen yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan ini,ÔÇØ buka Joko Sriyono dari Sri Motor.

Biasanya yang sering dialami pengendara, tuas rem yang terasa berat saat ditekan. ÔÇ£Banyak yang mengalami kejadian ini pada rem cakram. Meskipun sudah diganti, kampas rem dan minyak rem tuas rem masih saja terasa berat,ÔÇØ beber pemilik bengkel yang ada di Ampel, Boyolali, Jawa Tengah ini.

Hal itu dikarenakan engsel rem yang juga berfungsi sebagai dudukan kaliper kotor dan kurang pelumasan. Penyebabnya, karet pelindung engsel yang rusak atau aus. Kalau sudah kotor, akibatnya piston tidak bisa bergerak leluasa.

Untuk mengatasinya, lakukan pembersihan komponen engsel itu. Sebelumnya, lepaskan braket caliper rem dari dudukannya. Setelah terlepas, selanjutnya kita lepas engsel dari caliper.

ÔÇ£Biasanya, engsel yang terdapat pada bracket ini susah dibuka karena karat ataupun debu yang menempel. Semprotkan cairan penetran supaya bisa melepasnya,ÔÇØ bebernya.

Setelah engsel terlepas, tinggal bersihkan. Setelah itu, oleskan grease biar pergerakannya bisa lancar kembali. Rakit lagi deh. Mudah kan?. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular