Substitusi Kem Kawahara, Dari BeAT Untuk Blade

Motorplus - Kamis, 14 Maret 2013 | 10:59 WIB


Untuk urusan dongkrak performa mesin 4-tak, kem selalu jadi bagian terpenting yang enggak luput dari jarahan para tuner. Terutama tinggi angkatan klep atau lift klep, juga profil bumbungan kem yang sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Apalagi ketika kita ingin meningkatkan performa mesin Honda Blade.

Memang sih, di pasaran banyak kem mentahan atau produk aftermarket yang special banget untuk Honda Blade. Bahkan ada pula yang bolt on atau tinggal pasang. Cuma tinggal seting spuyer, motor bisa langsung digeber.

Hanya, kalau tanya beberapa mekanik soal daya tahan, materialnya kebanyakan kurang kuat juga enggak tahan lama. ÔÇ£Bahkan yang menggunakan tambalan las juga kurang sip dan susah membentuk profilnya,ÔÇØ terang Angki Heri Setyawan, mekanik bengkel Pro Tuner Bali.

Untung arek Surabaya ini punya solusi cerdas. Waktu lihat kem merek Kawahara K2 untuk Honda BeAT, profil kem cukup tinggi dengan konstruksi hampir sama. ÔÇ£Sehingga profil kem masih bisa dimodifikasi dan sedikit lakukan penyesuaian sebelum dipasang,ÔÇØ wanti Angki.

Jika disejajarkan, antara kem Kawahara K2 dengan Blade orisinal cuma beda diameter dudukan bearing. Punya Blade berdiameter 20 mm. Sedang Kawahara K2 milik BeAT yang dijual seharga Rp 350 ribu, memiliki diameter 15 mm dengan panjang dimensi hampir sama.

Lantaran dudukan laher kem Kawahara BeAT lebih kecil, makanya mesti bikin cincin diameter luar 20 mm dan diameter dalam 15,1 mm dengan tebal 9,1 mm. Cukup pakai besi dan bisa dibuat di tukang bubut kok.

Jika sudah bikin cincin, kini tinggal pasang part itu ke kem Kawahara BeAT. Itu, sekaligus pasang bearing-nya juga ya. ÔÇ£Oh, iya. Jika ingin dongkrak performa, kem Kawahara BeAT disesuaikan dulu profil dan lift-nya. Tapi, langkah ini hanya direkomendasikan buat untuk Blade yang masih pakai klep standart ya,ÔÇØ pesan pria di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kangin, Denpasar, Bali. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.