Sambut Regulasi Emisi Euro3, Honda Siap Permak Teknologi Injeksinya

Motorplus - Senin, 21 Januari 2013 | 19:47 WIB


PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku telah siap menyongsong era regulasi emisi Euro3 di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Presiden Director PT AHM, Yusuke Hori di sela peluncuran Honda Verza 150 beberapa waktu yang lalu.

"Penerapan Euro 3 akan efektif pada bulan Juni 2013. Honda telah siap dengan model-model yang ramah lingkungan," buka Yusuke Hori yang juga menyebutkan bahwa Honda Verza adalah motor injeksi ke 10 Honda yang telah dipasarkan di Indonesia.

"Kami juga akan mempercepat alih teknologi ke injeksi," lanjutnya lagi. Artinya, motor-motor Honda yang masih berkarburator akan segera di injeksikan pada tahun ini. Meski begitu, belum semua motor Honda yang berteknologi injeksi telah lolos Euro 3.

Kebanyakan masih berspesifikasi emisi Euro 2, sama seperti regulasi yang berlaku saat ini. Artinya bakal ada penyesuaian lagi jelang aturan emisi Euro 3.

"Ya, saat ini masih menggunakan regulasi euro2, tapi nanti saat aplikasi euro3 diberlakukan akan dilakukan perubahan," jelas Katsuya Abe, Chief Engineer, Honda R&D Co.Ltd.

Tapi enggak usah khawatir, perubahan yang akan dilakukan sangat sedikit sekali. Dengan spesifikasi sekarang saja, pihak Honda mengaku sangat mudah untuk membuat motor-motornya lolos Euro 3. Pasalnya kadar HC (hidro karbon), NOX (natrium oksida), dan CO (karbon monoksida) pada sepeda motor injeksi Honda diklaim sudah sangat rendah.

"Ubahan minor saja, paling ada up grade di catalytic converter atau komponen lainnya. Tapi sangat mudah untuk melakukannya," jelas Alex Batubara dari Honda R&D South East Asia (HRS) Indonesia. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular