Substitusi Gir Belakang, Lubang Baut Harus Sejajar

Motorplus - Selasa, 2 Oktober 2012 | 09:40 WIB


Ukuran gir setiap motor berbeda, sesuai karakter motor. Namun, ukuran gir berbeda itu bukan berarti tidak bisa subsitusi. ÔÇ£Substitusi gir itu bisa saja, asal baut pengait gir jumlahnya sama,ÔÇØ buka Nasehan.

Jumlah pengait gir pada motor biasanya 4 atau 6 baut. Menurut mekanik dari Surya Motor ini, diameter naf gir menetukan gir itu bisa dipakai di motor berbeda. ÔÇ£Cari yang diameternya sama.ÔÇØ

Seperti pada Yamaha V-ixion, Scorpio, dan Byson yang memiliki enam baut pengait gir. Jarak antar lubang baut juga sama. Itu artinya gir dari ketiga motor itu bisa dipasang bergantian.

Perbedaannya hanya pada mata gir. V-ixion memiliki 42 mata, Byson 40, dan Scorpio memiliki 44. Itu artinya, secara logika dengan perbedaan itu, jika motor ingin kuat di putaran atas bisa aplikasi mata gir yang jumlahnya lebih sedikit. Seperti gir Scorpio diganti pakai gir V-ixion agar efek tarikan pada putaran atas lebih dapat walau pada tarikan bawah lebih berat.

Begitu juga sebaliknya, menurut mekanik asal Semarang ini, jika V-ixion dijejali gir Scorpio. Efeknya tarikan bawahnya enak, tapi kedodoran di atas.

Jika pada V-ixion, Byson, dan Scorpio bisa saling tukar, berbeda dengan Kawasaki Ninja RR dan Ninja 150R. Walau jumlah baut pengait dan diameter naf gir ukurannya sama, tapi tak bisa saling tukar gir. ÔÇ£Tapi, bisa saja Ninja 150 pakai gir punya Ninja RR, asal harus satu set berikut rantai dan gir depan,ÔÇØ lanjut HanÔÇÖs panggilan akrab Nasehan.

Menurut mekanik asal Semarang ini, untuk Ninja perbedaannya ada pada ukuran rantai. Ninja 150 RR punya ukuran rantai 520-42, sedangkan Ninja 150R ukuran rantainya 428-42, jadi walaupun ukuran girnya 42 tapi ukuran rantainya yang berbeda. ÔÇ£Artinya bisa saja disubstitusi asal ganti semuanya,ÔÇØ bilang mekanik yang bengkelnya berada di Jl. Ciledug Raya No. 28i, Tangerang.

Sedangkan jika dilihat dari harga, gir satu set untuk Ninja 150R dibanderol Rp 450 ribu. Sementara Ninja 150RR di pasaran harganya Rp 750 Ribu.

Selain gir di atas masih banyak juga gir yang bisa disubstitusi. Seperti dari Yamaha Jupiter bisa menggunakan gir Force 1, RX-King, Vega. Untuk Honda Grand bisa pakai Supra 100. Honda Karisma bisa subtitusi dengan Supra Fit New, GL Pro, GL 100 dan CB. Di Suzuki Shogun bisa pakai Tornado dan Satria 2-tak.

ÔÇ£Untuk Honda Tiger bisa dan silakan menggunakan punya GL Pro, namun kode rantai yang berbeda ukuran. Penggantian gir harus satu set,ÔÇØ wanti Agung Saputra, dari bengkel SP Racing. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular