HP4, Sport Bike Berfitur Canggih Dari BMW

Motorplus - Selasa, 31 Juli 2012 | 13:43 WIB


BMW kembali menelurkan model anyar, kali ini adalah pengembangan dari BMW S1000RR yang tenar di ajang balap World Superbike (WSBK) sekaligus pengembangan dari versi terdahulu, BMW HP2. Motor yang mengusung banyak evolusi pada teknologi dan fitur-fitur canggihnya ini hadir dengan mesin yang sama seperti BMW S1000RR, 4 silinder segaris.

Mesin ini diklaim punya power puncak hingga 190 hp di 13.000 rpm dan torsi mencapai 83 ft-lb. Torsi ini mulai terasa sejak 6.000 sampai 9.750 rpm. Sama seperti pendahulunya, motor ini juga dilengkapi dengan empat pilihan mode berkendara. Ada Rain, Sport, Race and Slick.

Bedanya, penyesuaian banyak dilakukan oleh BMW. Misalnya pada mode rain, tenaga tidak langsung drop. Power maksimal tetap bisa dirasakan, tapi torsi pada 2.500 sampai 8.000 rpm disetting halus agar pengendara tetap aman saat ngebut.

Istimewanya, pada mode slick atau mode yang siap turun balap, disematkan juga dengan launch control terbaru. Sama seperti tunggangan balap sekelas WSBK atau MotoGP, launch control membantu memaksimalkan akselerasi saat melakukan start. Torsi puncak akan dikonsentrasikan pada roda belakang, rider tinggal fokus mengkontrol akselerasi saat start dengan membuka tuas kopling tanpa menghiraukan bukaan gas yang terlalu besar atau kecil.


Launch control ini juga dipadukan dengan anti-wheelie, mesin secara otomatis akan mengurangi semburan torsinya ketika roda depan terdeteksi terangkat terlalu tinggi. Selain lebih aman, proses start pun lebih mulus.

Motor ini juga dilengkapi dengan anti-lock brakes system (ABS) yang sama dengan BMW S1000RR versi balap. Data ABS yang digunakan pada mode berkendara slick, diperoleh langsung dari arena Germany's IDM Championship. Sedang perangkat remnya, tetap menggunakan kaliper Brembo tipe monobloc.

Sedang suspensinya diracik istimewa. BMW mengklaim motor ini jadi yang pertama mengusung Dynamic Damping Control (DDC). DDC ini lebih canggih dari Electronic Suspension Adjustment systems (ESA) yang pernah diluncurkan BMW. Pasalnya penyesuaian karakter suspensi ESA harus diaktifkan lewat tombol, sedang pada DDC penyesuaiannya bisa dilakukan secara otomatis.

Sokbraker ini terintegrasi dengan engine control unit dan sensor box, yang artinya terhubung juga dengan perangkat Antilock Brake System (ABS) dan traction control. Data yang diterima dari sensor box langsung dikirim ke sokbraker yang kemudian bekerja mengeraskan atau melembutkan redaman dengan mengatur katup kekerasan atau damping valve.


Saat akselerasi misalnya, bobot kendaraan pasti bakal lebih besar di belakang. Maka secara otomatis katup sokbraker belakang akan membuat karakter suspensi jadi lebih keras agar lebih stabil dan memberikan traksi yang lebih baik. Begitu juga saat melintasi urutan tikungan dan melakukan pengereman, suspensi akan selalu memberikan kenyamanan dan stabilitas bagi pengendaranya.

Semua fitur ini disempurnakan dengan bobot keseluruhan motor yang lebih ringan dari BMW S1000RR, sunat berat badan diperoleh berkat aplikasi pelek tipe forget dan knalpot titanium yang jauh lebih ringan dari versi standarnya. Sayangnya, secara desain hampir tidak ada bedanya dengan BMW S1000R, fairing dan desain lainnya masih mirip-mirip. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular