Bocoran Upgrade Mesin New Jupiter Z Injeksi, Banyak Yang Baru!

Motorplus - Sabtu, 7 Juli 2012 | 08:10 WIB


Pada tulisan bocoran kali ini ada dua info menyenangkan! Yang pertama adalah update foto spy shoot kiriman pembaca. Kalau sebelumnya hanya dikirimkan ke meja redaksi dalam bentuk potongan, eh ternyata ada yang nampak penuh.

Kenapa enggak dari kemarin dikirim penuh aja ya? Tapi gak papa, kami tetap berterima kasih karena dari foto ini juga makin terkuak wujud New Jupiter Z injeksi. Pengakuan sang fotografer, gambar ini diambil dari salah satu tikungan di sirkuit Sentul, Bogor.

Pengetesan di sirkuit terbesar di Indonesia mungkin ada hubungannya dengan bocoran yang kedua. Yaitu, upaya Yamaha meningkatkan performa bebek 115 cc-nya ini. Beberapa update teknologi diterapkan, tentunya agar lebih kencang lagi.

Terlebih, motor yang konon akan menggunakan nama New Jupiter Z1 ini bakal menjadi andalan Yamaha di balap musim 2013. Baik di Motoprix, Indoprix maupun Asia Road Racing Championship (ARRC) menggantikan Jupiter Z sekarang.

"Tentu saja upgrade bukan sekedar jadi kencang, tapi memudahkan untuk dikorek agar lebih kencang lagi. Sesuai DNA Jupiter Z yang mendominasi ajang balap nasional hingga tingkat Asia ini," beber narasumber dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lebih jauh pria yang enggan disebutkan namanya ini merinci beberapa perubahan seperti aplikasi piston jenis forged agar kuat terhadap kompresi tinggi. Silindernya menggunakan tipe semi-DiASil, mungkin jenis blok silinder ini akan memudahkan oversize. Cocok untuk yang gemar main bore-up nih! Kruk as pun konon ikut diubah.

Isi kepala silinder juga diyakini jauh berbeda. Paling menonjol adalah diaplikasikannya roller rocker arm. Gesekan makin minim, efisiensi energi saat mesin bekerja pun makin tinggi. Tentu saja output-nya ada pada tenaga yang makin maksimal.

Satu update lagi tentang teknologi injeksi bahan bakarnya sudah tipe close loop. Yamaha menambahkan O2 sensor di knalpotnya. Suplai bahan bakar akan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin tapi emisi jadi rendah.

Oiya, undangan launching sudah masuk ke meja redaksi. Peluncurannya akan dilakukan di sirkuit Sentul, Bogor pada tanggal 10 Juli 2012 minggu depan. Tinggal tunggu kepastian harganya nih! (motorplus-online.com) 

Editor : Motorplus

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA