Bikin Bebek Jadi Ayam Jago, Pakai Pipa Sok Honda GL100

Motorplus - Jumat, 9 Maret 2012 | 16:45 WIB


 Pipa GL100 solusi murah
Kepingin bikin motor bebek jadi ayam jago, biasanya mekanik mengganti sokbreker depan dengan pakai produk variasi. Atau adopsi sok depan punya motor sport. Kebetulan dimensi atau ukuran pipa teleskopiknya lebih panjang daripada punya bebek.

Namun kendalanya jika beli produk variasi, selain harganya lumayan tinggi juga susah cari part penggantinya kalau tahu-tahu rusak. Begitupun juga kalau comot sokbreker depan motor sport. Harganya relatif tinggi dan harus ganti segitiga untuk menyesuaikan diameter pipa teleskopiknya.

ÔÇ£Kalau mau murah meriah, cukup ganti pipa teleskopik motor bebek pakai punya motor Honda GL100. Selain lebih lebih panjang dan sama-sama berdiameter 27 mm, tabung aslinya masih bisa digunakan. Jadi, tinggal atur komponen dalamnnya,ÔÇØ ujar Kunto Hayadi, mekanik HK Custom di Jl. Cipete Dalam II, No. 8A, Cipete Raya, Jakarta Selatan.

Contoh Suzuki Smash 110 yang diameter pipanya 27 mm, tapi ukurannya sangat pendek. Kalau mau jadi ayam jago, pipa teleskopik GL100 yang lebih panjang bisa jadi pilihan. Tapi, selain pipa dan pernya, batang suling dalam untuk jarak atur main sok mesti disesuaikan.

ÔÇ£Pakai trik ini, segitiga bawah bisa pakai aslinya. Sedang segitiga atas bisa dibuatkan dari besi pelat 3 mm,ÔÇØ lanjut Kunto yang ngaku sudah sering bikin sok macam ini.

Jadi, dengan ubahan seperti itu, motor bebek ayam jago masih bisa pakai cakram aslinya. Bahkan di bagian atas, tunggangan juga bisa ganti setang model jepit. Jadi, ini solusi kalau mau ganti sok panjang pakai tabung bebek. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular