Kampas Kopling Kawasaki KLX 150S Bisa Pakai Honda Tiger!

Motorplus - Sabtu, 21 Januari 2012 | 08:29 WIB


Bukan berarti kampas kopling Kawasaki KLX 150 tidak bagus mutunya. Tapi, jika bisa substitusi dengan part lain yang kekuatannya juga tak kalah bagus, kenapa tidak. Ya, terutama jika dipakai buat adventure ÔÇÿmainÔÇÖ ke jalan off-road.

"Bisa substitusi pakai kampas kopling Honda Tiger atau Honda Mega Pro. Enggak perlu repot pemasangannya. Karena bentuknya sama,ÔÇØ ungkap Syafrudin, mekanik Roby Steam di Jl. Arteri Kelapa Dua Raya, No. 25 (depan Sasak II), Jakarta Barat.


Agar lebih yakin, silakan masukan kampas kopling Tiger di rumah kopling KLX 150. Pastinya, kampas akan mudah masuk layaknya pakai part orisinal motor dual purpose itu. Ya, kampas masuk tanpa harus memperkecil lebar kampas terluar.

Dalam pemasangan, pelat gesek orisinal KLX masih bisa digunakan buat mendampingi kampas subsitusi itu. Namun saran One, baiknya pelat judder spring tak usah dipakai lagi. ÔÇ£Kalau dipakai, malah bikin kampas cepat aus. Gak dipakai juga gak apa kok,ÔÇØ sahut pria yang bengkelnya punya nomor telepon (021) 705-71145.

Seperti disebut sebelumnya kalau kampas kopling KLX 150 dan Tiger tak berbeda dimensi. ÔÇ£Bedanya hanya di bahan, terutama warna. Milik Tiger gelap. Ketebalannya juga hampir sama saja,ÔÇØ bilang Oneni, sapaan karib Syafrudin.

Penyesuaian hanya sebatas melubangi rumah kopling saja. Tapi, lubangnya jangan terlalu besar juga terlalu kecil. Tujuan proses ini agar oli atau pelumas bisa lebih masuk ke sela-sela kampas kopling. ÔÇ£Kalau terlalu besar, bisa kurangi kekuatan rumah kopling. Cukup pakai mata bor ukuran 6,ÔÇØ sahut pria yang juga dipanggil One itu.

Ketika dipakai kompetisi, tentu butuh penyesuaian lain. Misalnya buat balap di grasstrack. Sobat juga bisa pakai per kopling tipe kompetisi agar daya balik kopling semakin spontan.

Beragam merek per kopling buat KLX 150, bisa ditemukan dipasaran. Soal harga, juga bervariasi. Misal, merek Vertex yang dijual Rp 75 ribu.   (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.