Find Us On Social Media :

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 Ganti Tampang Jadi Kawasaki Estrella

By Motorplus, Rabu, 3 Juni 2015 | 07:35 WIB
()

()

Mulanya, Bro Raden Joko Santo punya Kawasaki New Ninja 250R. Joko yang bertugas di Polsek Benua Kayong, Ketapang, Kalimantan Barat, kepingin banget beli Kawasaki Estrella, lalu dimodifikasi! Eh.., sang modifikator punya solusi lebih jitu. Tapi, idenya modifikasi Kawasaki Ninja 250 ganti tampang jadi Kawasaki Estrella.

“Mikir 2x dulu deh untuk beli Estrellanya. Mending Ninja 250R-nya dimodif lebih keren dari Estrella. Lagian tuh motor jarang dipake. Kan masih ada New Ninja 250R! Daripada ngejogrok, mending dimodif,” solusi Dedi Wijaya, builder DJM Motoshop.

Alhasil, Raden Joko Santo sepakat dan rela modifikasi Kawasaki Ninja 250 ganti tampang jadi Kawasaki Estrella. “Konsep yang diusung Brat bobber,” bilang Dedi yang buka di Jl. R. Suprapto, Ketapang, Kalimantan Barat. Bobber bukan artinya hanya main ban gambot, juga copot part original dan bobot dibikin lebih ringan. Selain itu, ubahan sasis yang dilakukan enggak terlalu ektrim. Nuansa Brat bobber yang dihadirkan DJM, bikin Ninja 250R terlihat lebih fresh dan enak dipandang mata.

RANGKA & SOK BELAKANG

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 ganti tampang jadi Kawasaki Estrella dengan sasis belakang, dipotong habis dan diganti dengan pipa besi 0,5 inci. Dibentuk ulang model U, lalu dilas listrik dan disambung ke sasis asli. Beralih ke suspensi belakang, mulanya mengusung model kosonom, sekarang jadi double sok. Trik ini, diikuti bikin dudukan baru di swing arm pakai las listrik. Agar rangka depan terlihat kokoh, dicangkokkan downtube 0,5 inci sistem knock down yang dibaut.

TEROMOL & PELEK

Teromol depan-belakang comot kepunyaan Kawasaki KLX 150. Supaya terpasang aman, di areal bushing dan as roda wajib disesuaikan. “As roda standar Ninja dibubut lebih kecil agar pas di teromol KLX. Kemudian, bosh dibikin ulang agar roda bisa center,” cerita Dedi. Sedangkan untuk pelek, doi bikin dari bahan pelat besi, depan 4,00x16” dan belakang 5.00x16”. Ban pakai ukuran sama, 5.00x16”.

BODI & CAT

Hilang sudah nuansa sport biker full fairing Ninja 250R, sekarang sudah mencuat aliran old skul. Untuk tangki yang bisa muat 15 liter itu, dibikin dari bahan plat galvanis tebal 0,8 mm. “Dudukannya masih menggunakan standar, enggak ada dudukan tambahan,” terang pria yang juga aktif balapan skubek ini. Pelat besi 0,8 mm, juga untuk sepatbor depan-belakang dan tutup aki kiri kanan. Finishing touch, pakai cat doff Spies Hecker gawean Limz Airbrush. (www.motorplus-online.com)

Data modifikasi :

Ban : Firestone Deluxe Champion

Knalpot : Akrapovic

Sok belakang : Ohlins

Lampu depan : Brat Japan

DJM Motoshop : 0852-5211-0074