Find Us On Social Media :

Nih Motor-Motor Jiplakan Dari China di INAPA 2012

By Motorplus, Selasa, 3 April 2012 | 12:34 WIB
()

()

Masih oleh-oleh dari International Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition (INAPA) 2012 pekan lalu (28ÔÇô31/3) di Jakarta International Expo (JIExpo). Kalau kemarin sudah diulas kembaran Ducati yang dijajakan. Kini giliran model-model lain yang ternyata secara desain 'klonengan' (jiplakan) dari produk Jepang dan Italia.

Umumnya, semua merek asal China ini mencari investor untuk memasarkan produknya di Indonesia. Jadi, motor-motor ini tidak bisa dibeli secara ritel, pabrikan asal China ini sengaja datang ke Indonesia untuk mencari distributor. Kalau minat tunggu saja, siapa tahu sudah aja jaringan distribusinya di tanah air.

Yang pertama ada klonengan dari supermoto mini, Kawasaki KSR. Produk buatan Zhejiang Mosuer Mation Apparatus CO LTD ini memang terlihat identik dengan KSR. Mulai dari bentuk bodi, batok lampu hingga ke kaki-kaki.

Perbedaannya justru di kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 125 cc. Sedangkan mesin KSR asli hanya 110 cc. Urusan harga, produk tanpa nama ini dilepas Rp 6,3 jutaan, jauh lebih murah dari KSR yang dibanderol Rp 20 jutaan.


Selanjutnya ada replika motor-motor klasik mini seperti Honda Dax, Honda Monkey, Suzuki PV, Suzuki Van Van hingga Yamaha Chappy. Produk dari pabrikan Huzhuo Daixi Zhenhua memang dibuat persis dengan versi aslinya yang beredar di era 70-80 an.

Ada dua pilihan mesin yang bisa dipasang di seluruh varian, yakni 2-tak 50 cc dan 4-tak 125 cc. Sayangnya pada INAPA 2012, pabrikan asal Daixi Town, Huzhuo City, China ini masih enggang merilis harga jual produknya.

Terakhir, ada skuter roda tiga buatan Taiwan bernama Aeon Elite 3W yang sepintas persis Piaggio MP3 asal Italia. Produk bermesin 350 cc ini telah dilepas di Eropa dan Filipina dan harga yang ditawarkan sekitar Rp 88 jutaan. (motorplus-online.com)